Penderita Katarak Di Indonesia

By | November 6, 2017

KatarakKatarak merupakan salah satu penyebab terutama kebutaan. Penyakit ini biasanya umum ditemukan pada orang-orang lanjut usia tetapi tidak menutup kemungkinan penyakit ini juga bisa menyerang bayi dan anak-anak meskipun kecil kemungkinannya. Berdasarkan sebuah survei diperkirakan paling tidak ada 210.00 penderita baru setiap tahunnya. Dan 50% penyebab kebutaan di Indonesia disebabkan oleh penyakit ini. Penyakit ini biasanya menyerang kedua bola mata penderita dengan tingkat keparahan yang berbeda-beda, dan bisa terus berkembang tanpa disadari oleh penderitanya. Hal ini Karena keberadaan penyakit ini sulit di ketahui dan juga tidak menyebabkan rasa sakit bagi sang penderita. Kebanyakan orang baru menyadari menderita penyakit ini jika sudah mencapai tahap keparahan yang tinggi.

Gejala-Gejala Yang Dialami Penderita Katarak

Salah satu bentuk proses penuaan dalam diri manusia adalah penurunan fungsi organ-organ tubuh. Salah satunya adalah penurunan fungsi mata. Namun penurunan fungsi mata sendiri tidak selalu di sebabkan oleh penyakit mata, dan salah satunya adalah katarak. Sebagai salah satu penyebab utama kebutaan di dunia. Penyakit ini terjadi Karena keruhnya kondisi lensa mata yang biasanya bening. Selain dapat mempengaruhi penglihatan. Penyakit ini juga mampu menyebabkan kebutaan bagi penderita Karena penyakit ini terus berkembang seiring bertambahnya waktu atau usia. Penyakit ini sendiri umunya diderita oleh orang-orang lanjut usia meski tidak menutup kemungkinan penyakit ini bisa saja menyerang penderita di bawah umur seperti bayi dan anak-anak.

Meski penyebab utama katarak masih belum bisa dipastikan sepenuhnya. Namun sebagai manusia kita harus tetap menjaga kesehatan mata kita, agar tidak sampai terjangkit penyakit ini. Sebenarnya seiring bertambahnya waktu kita akan mengalami kondisi dimana lensa mata kita menjadi keruh. Meski demikian kita tetap harus memahami gejala-gejala yang bisa saja terjadi, dan bisa menjadi pertanda bagi kita untuk lebih berhati-hati dan waspada terhadap kemungkinan terjangkit penyakit mata yang satu ini. Jika kita memahami lebih dini terkait gejala yang dirasakan tentu akan lebih cepat juga bagi kita untuk melakukan proses penanganannya. Dengan proses penanganan yang cepat tentu akan mencegah perkembangan penyakit ini dan agar tidak semakin parah.

Related posts: