Apa Itu Hari Cuci Tangan Sedunia?

By | November 10, 2017

hari cuci tangan seduniaCuci tangan merupakan hal kecil namun memiliki peran yang besar pada kesehatan tubuh kita. Jika kita terlalu mengabaikan kebersihan tangan, maka kuman-kuman yang berasal dari benda yang kita pegang akan menempel dan membawa berbagai virus penyakit seperti influenza, diare, penyakit saluran pernapasan akut (pneumonia), bahkan yang  lebih menakutkan yaitu virus ebola. Wow! Oleh sebab itu, PBB yang didukung oleh organisasi-organisasi lainnya seperti UNICEF, WHO, dan Unilever mencanangkan kampanye Hari Cuci Tangan Sedunia dengan Sabun (World Handwashing Day) untuk menanamkan kesadaran kepada kita pentingnya cuci tangan.

Hari Cuci Tangan Sedunia Untuk Generasi Penerus Yang Sehat

Kampanye  Hari Cuci Tangan Sedunia dengan Sabun juga sebagai upaya untuk menurunkan tingkat kematian balita yang disebabkan oleh kurangnya akses untuk air bersih dan fasilitas sanitasi yang kurang mendukung. Fakta menyebutkan bahwa setidaknya 5.000 balita tidak tertolong nyawanya akibat diare. Sangat memprihatinkan, bukan? Kampanye ini juga sekaligus untuk membangun fasilitas sanitasi di sekolah yang bersih dan layak. Budaya mencuci tangan pakai sabun menurut penelitian dapat mengurangi angka kematian yang disebabkan oleh diare sebesar 50 persen. Selain itu, biaya yang dikeluarkan untuk perawatan dan penyembuhan penyakit juga dapat dicegah apabila kita rajin melakukan cuci tangan sehabis dari toilet dan sebelum makan, karena kuman yang menempel pastinya sudah mati dan tidak akan masuk ke tubuh kita sehingga tidak menimbulkan penyakit.

Target utama pencanangan kampanye Hari Cuci Tangan Sedunia dengan Sabun adalah anak-anak  Sekolah Dasar. Acara seperti ini menyadarkan sekaligus mengajak masyarakat untuk hidup sehat. Mencuci tangan memakai sabun dengan tepat tentunya memiliki kelebihan dibandingkan dengan mencuci tangan dengan air biasa. Cuci Tangan Pakai Sabun memiliki definisi yang lebih keren yaitu a proven, cost effective, accessible health intervention. So, semakin seringnya disosialisasikan pada masyarakat umum maka semakin banyak pula masyarakat yang akan sadar dan mulai memiliki kebiasaan sederhana namun sehat ini. Besar harapan dengan adanya kampanye, generasi penerus bangsa saat ini dan yang akan datang akan menjadi generasi baru Indonesia yang sehat.

Related posts: